Sabtu, 07 Februari 2015

Lingkungan kerja microsoft office word 2013

a.Microsoft Office

Perhatikan gambar tombol di bawah ini. Tombol tersebut merupakan Microsoft Office . Tombol ini sangat mudah dikenali dari ukuran maupun bentuknya. Jika Microsoft Office diklik, akan muncul menu pilihan untuk membuat (New), membuka (Open), menyimpan (Save dan Save As), mencetak (Print), mengirim/Send (email dan fax), Publish, dan menutup dokumen (Close).
Tampilan Microsoft Office
Tampilan Microsoft Office
Menu-menu yang disediakan pada Microsoft Office .
Menu-menu yang
disediakan pada Microsoft Office .
Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar
Menu Customize Quick Acces Toolbar
Menu Customize Quick
Acces Toolbar
Tampilan Title bar
Tampilan Title bar
Ribbon pada MSWord 2007
Ribbon pada MSWord 2007

Kamu dapat menambahkan tombol-tombol yang terdapat di Ribbon ke Quick Access Toolbar. Caranya yaitu arahkan mouse pada tombol, kemudian klik kanan. Setelah muncul menu, klik Add to Quick Access Toolbar, seperti pada tampilan berikut.


Menambah tombol-tombol
pada Ribbon ke Quick Access Toolbar
Latihan:
Lakukan latihan dengan memilih Show Below the Ribbon dari menu Customize Quick Access Toolbar. Amati hasilnya. Setelah Quick Access Toolbar pindah posisi, temukan cara untuk mengembalikannya. Lakukan juga eksperimen untuk menambahkan beberapa tombol ke Quick Access Toolbar. Kemudian, hapus kembali tombol yang telah ditambahkan dari Quick Access Toolbar. Hasil apa yang kamu peroleh dari praktik ini?


e. Ruler

Ruler adalah mistar pembantu yang menunjukkan daerah kerja yang digunakan (berisi informasi Tab Stops, unit ukur yang digunakan, margin (batas daerah kerja), dan pengatur indentation). Bentuk tampilan ruler adalah sebagai berikut.


Tampilan Ruler
Tampilan Ruler
Ruler dapat ditampilkan atau disembunyikan melalui ikon toggle (di atas vertical-scroll-bar) atau melalui menu Show/Hide dari tab View, seperti berikut.


Ikon toggle untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.
Ikon toggle untuk menampilkan
atau menyembunyikan Ruler.


f. Text Area

Text Area merupakan area yang digunakan untuk menulis dokumen. Text area dapat dianalogikan sebagai kertas tempat untuk menulis. Apa pun yang diketikkan di dalam text area dapat dicetak dan hasilnya akan sama persis seperti yang diketik.

Jika ukuran text area melebihi layar monitor maka Word akan memunculkan Vertical atau Horizontal Scroll Bar (disebut juga Vertical dan Horizontal Sliding Bar). Dengan menggerakkan Scroll Bar ini, kamu dapat melihat seluruh text area.


Text area pada MSWord.
Text area pada MSWord.
Penggunaan Vertical dan Horizontal Sliding Bar lebih jauh akan dibahas pada Subbab berikutnya.






g. Split Window

Untuk kemudahan dalam bekerja, baik saat mengedit, maupun mengetik daerah kerja dokumen dapat di-split dengan cara klik drag pada pemisah Windows yang terletak di atas Vertical Scroll Bar.


Perubahan kursor pada saat split window.
Perubahan kursor pada saat
split window.
Salah satu contoh bentuk tampilan dari MSWord yang sudah di-split adalah sebagai berikut


Tampilan MSWord yang sudah di-split.
Tampilan MSWord yang
sudah di-split.


h. Status Bar

Status Bar terletak pada bagian paling bawah tampilan di komputer. Berbagai informasi seperti nomor halaman, jumlah kata, nomor kolom, dan informasi lainnya dapat ditampilkan di Status Bar.


Informasi-informasi yang terdapat pada Status Bar.
Informasi-informasi yang
terdapat pada Status Bar.
Kamu dapat menambahkan atau mengurangkan informasi apa saja yang perlu ditampilkan di Status Bar dengan cara klik kanan untuk menampilkan menu. Pop-up menu yang muncul adalah sebagai berikut.


Pop-up menu yang muncul ketika melakukan klik kanan pada Status Bar.
Pop-up menu yang muncul ketika melakukan klik kanan
pada Status Bar.


i. Navigator

Navigator yang terletak di bawah Vertical Scroll Bar berguna untuk memilih, browse, dan mencari objek (halaman, section, gambar, tabel, heading, dan sebagainya).

Kamu dapat memilih apa yang akan kamu cari atau browse dengan cara mengklik tanda bulatan yang terdapat di tengah.

Adapun tanda panah atas dan bawah digunakan untuk mencari objek sebelum dan sesudah objek yang baru saja dicari (previous dan next object).


Navigator dan Browse by Table.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar